Example floating
Example floating
DaerahTulang Bawang Barat

Mendagri Kembali Surati DPRD Tubaba Soal Kandidat Pj Bupati

Redaksi
×

Mendagri Kembali Surati DPRD Tubaba Soal Kandidat Pj Bupati

Sebarkan artikel ini

PANARAGAN — Mendagri (Menteri Dalam Negeri) Republik Indonesia (RI) kembali menyurati Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, diminta segera mengusulkan tiga nama calon Penjabat (PJ) Bupati, lantaran Drs.M. Firsada segera berakhir masa jabatannya.

Hal tersebut berdasar Surat bernomor: 100.2.1.3/1489/SJ perihal usul nama calon penjabat bupati/wali kota yang berakhir pada bulan Mei 2024 mendatang, ditandatangani atas nama Mendagri, Sekjen Kemendagri H. Sinajar Diantoro, M.Si di Jakarta pada 25 Maret kemarin.

“Soal siapa 3 nama calon Penjabat (Pj) Bupati Tubaba yang menjadi usulan dewan, ini baru akan kita bahas di tingkat fraksi. Karena suratnya juga baru diterima sekretariat DPRD Tubaba,” kata Ketua DPRD Tubaba, Ponco Nugroho, ST, pada (26/3/2024).

Kata ponco,, tiga nama yang akan diusulkan DPRD Tubaba merupakan pejabat dari Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) atau setingkat eselon II. Ini sesuai amanat Pasal 201 ayat (9) dan ayat (11) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016.

“Pasal ini menegaskan untuk mengisi kekosongan Penjabat Bupati/Walikota yang berakhir masa jabatannya pada bulan Mei Tahun 2024, diangkat penjabat bupati/walikota yang berasal dari jabatan pimpinan tinggi pratama provinsi. Dan masa jabatannya adalah satu tahun dan dapat diperpanjang satu tahun berikutnya dengan orang yang sama/berbeda,” Terangnya.

Lanjut dia, dalam surat yang ditujukan kepada Ketua DPRD, Mendagri meminta dapat mengusulkan tiga (3) nama calon Penjabat Bupati untuk menjadi bahan pertimbangan menteri dalam menetapkan Pj Bupati.

“Siapa tiga nama itu, kami belum dapat memastikan karena ini masih dalam proses pembahasan,” Jelasnya.

Diketahui, dalam surat Mendagri yang ditujukan kepada Ketua DPRD tersebut, Menteri memberikan tenggat waktu pengusulan tiga nama Calon Pj Bupati Tubaba hingga 1 April mendatang.

Menanggapi adanya surat Mendagri yang ditujukan Ke DPRD Tubaba tersebut, Ketua Komisi I Yantoni kembali menegaskan. Beberapa waktu lalu kita jiga sempat memberikan warning keras kepada PJ Bupati, atas permintaan masyarakat.

Menurutnya, jika Masyarakat Tubaba sudah tidak menginginkan lagi atas keberadaan PJ tersebut, , tidak ada salahnya jika Kami yang ada di parlemen mewakili masyarakat untuk sepakat mengusulkan nama nama calon pengganti PJ saat ini.

“Saya sepakat mendukung masyarakat untuk turut mengusulkan tiga calon sesuai surat mendagri. Karena adanya seorang pemimpin itu karena rakyat,” Imbuh yantoni Beberapa waktu lalu.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *