Example floating
Example floating
DaerahTulang Bawang Barat

Kabid Serta Sekertaris BPBD Tubaba Siap Bawa Persoalan Dugaan Anggaran Fiktif Ke Ranah Hukum

Redaksi
×

Kabid Serta Sekertaris BPBD Tubaba Siap Bawa Persoalan Dugaan Anggaran Fiktif Ke Ranah Hukum

Sebarkan artikel ini

PANARAGAN -Dugaan realisasi anggaran belanja kegiatan satu diantara Bidang pada Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung. Tahun 2023, kuat dugaan tidak terealisasi atau fiktif.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang (Kabid) yang enggan disebutkan namanya, saat di konfirmasi media Via telepon pada (5/3/2024) sekitar pukul 20.00 Wib.

Menurutnya, terkait persoalan realisasi anggaran tersebut dirinya mengaku tidak mengetahui bagaimana proses sebenarnya.

“Memang benar saya PPTK nya, tapi saya selama tahun 2023 tidak pernah mengetahui kegiatan yang ada di bidang saya. Coba tanyakan langsung dengan sekretaris, jika saya yang menceritakan nanti akan menjadi masalah” Kata nya kepada media.

Kata dia, selain tidak mengetahui terkait realisasi anggaran tersebut, dia juga mengatakan kuat dugaan ada beberapa nilai anggaran yang tidak terealisasikan.

“Jangankan realisasi anggaran kegiatan, untuk honorer PPTK saya saja tidak pernah menerima sama sekali, jadi tolong tanyakan langsung ke sekretaris ya” Jelasnya.

Meski kegiatan tersebut ada pada bidangnya beberapa item kegiatan, namun ketika proses pencairan yang harusnya bidang mengajukan Nota Pencairan Dana (NPD) dahulu, setelah itu baru ditandatangani oleh kepala badan, tapi mekanisme itu saya tidak dilibatkan, apalagi tahun 2023 kemarin kita memang tidak pernah mengelola anggaran.

“Terkadang yang namanya orang apalagi tidak dapat duit gitu kan biasanya lebih panas. Tapi saya sudah legowo, artinya kalau memang anggaran 2023 itu dicairkan bukan urusan saya, dan di luar tanggung jawab saya lagi ketika nanti ada sesuatu ya, saya tidak akan bertanggungjawab” Terangnya.

Bahkan kata dia, jika nanti ada yang melibatkan dirinya maka persoalan tersebut akan dibawa ke aparat penegak hukum.

“Jika pun nanti ada SPJ yang ada tanda tangan saya, maka saya akan melaporkan hal itu ke pihak yang berwajib agar bisa memberikan efek jera kepada oknum oknum terkait” Tegasnya.

Sementara saat dihubungi via telepon. Sekretaris BPBD Tubaba Akhmadi, juga siap untuk mendukung dan buka-bukaan terkait anggaran yang ada di BPBD, Bahkan dirinya ingin membawa persoalan tersebut karena hukum.

“Ooo ya sudah, silahkan saja kalau mau lapor ke pihak polisi, siapa bidangnya. Masalah pencarian itu ada di bendahara. saya tidak tahu duitnya kemana. Sebab itu bendahara yang mencari. Laporin aja itu bagus kalau mau buka-bukaan, saya pun sangat siap” Kata Akhmadi.

Menanggapi hal tersebut. Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Bayana, mengatakan. Dirinya meminta agar persoalan tersebut dibicarakan dan dikoordinasi terlebih dahulu.

“Nanti kita koordinasi dulu, mungkin ini hanya miskomunikasi dan juga saat inspektorat sendiri sedang melakukan pemeriksaan terhadap dinas terkait” Imbuhnya. (Ton)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *