Example floating
Example floating
Maluku

Bawaslu; Penyelenggara Nakal di TPS 01 Desa Igobula Akan di Proses

Redaksi
×

Bawaslu; Penyelenggara Nakal di TPS 01 Desa Igobula Akan di Proses

Sebarkan artikel ini

Malut- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Halmahera Utara, Maluku Utara bakal memproses oknum nakal KPPS (Kelompok penyelenggara Pemungutan Suara) di TPS 01 Desa Igobula Kecamatan Galela Selatan.

Pasalnya, oknum nakal tersebut diduga bermain curang dengan cara mengunakan hak pilih lebih dari satu kali pada salah satu pasangan calon di TPS 01 desa Igobula kecamatan Galela Selatan.

Lebih parahnya lagi, sesuai dengan video yang beredar, aksi tidak terpuji itu, dilakukan secara terangan-terangan dimana yang bersangkutan mencoblos dan melipat kertas surat suara diluar bilik suara.

Kordiv Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Halmahera Utara, Jenfanher Lahi mengatakan pihaknya akan mendalami kasus tersebut.

“Kami akan memastikan informasi ini dengan melakukan penelusuran atas dugaan tindak pidana oknum anggota KPPS yang terindikasi mencoblos berulang-ulang kali di TPS 01 desa Igobula,” kata Jenfanher kepada media ini, pada Minggu (18/02).

Menurut Jenfanher setiap orang yang terdaftar sebagai pemilih pada Pemilu 2024, hanya boleh menggunakan hak pilihnya satu kali pada satu Tempat Pemungutan Suara (TPS), jika lebih dari itu akan dikenai sanksi pidana penjara.

“Sesuai Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, khususnya Pasal 516 bahwa setiap orang yang dengan sengaja pada waktu pemungutan suara memberikan suaranya lebih dari satu kali di satu TPS/TPSLN, dipidana dengan pidana penjara paling lama 18 bulan dan denda paling banyak Rp18.000.000,00 (delapan belas juta rupiah),”jelas Jenfanher.¬†

Hal senada juga disampaikan Ketua Bawaslu Halmahera Utara Ahmad Idris, menegaskan bahwa terkait informasi ini kami akan cek kembali kebenaran dengan melakukan langka penelusuran.

“Terkait kasus KPPS di TPS 01 desa Igobula bahwa sesuai hasil pleno Bawaslu telah melimpahkan kasus ini ke Gakkumdu untuk ditindak lanjuti,”ungkap dia.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *