Example floating
Example floating
TNI-Polri

Hadiri Impun Mupakat Pemilu Damai 2024, Dandim 0410/KBL Tekankan Falsafah Pancasila Wujudkan Kerukunan Beragama

Redaksi
×

Hadiri Impun Mupakat Pemilu Damai 2024, Dandim 0410/KBL Tekankan Falsafah Pancasila Wujudkan Kerukunan Beragama

Sebarkan artikel ini

BANDARLAMPUNG – Dandim 0410/KBL Letkol Arh Tan Kurniawan S.A.P.,M.I.Pol, mengatakan salah satu upaya dalam menciptakan Pemilu yang damai dan menggembirakan adalah dengan memegang teguh falsafah Pancasila.

Hal itu disampaikan Dandim ketika menjadi moderator dalam kegiatan Impun mupakat (silaturahmi indah) tokoh lintas agama kota bandar Lampung, di Kantor Kementerian Agama Kota Bandar Lampung, Selasa (6/2/2024)

Dandim menjelaskan, Pancasila merupakan ideologi pemersatu bangsa yang digali dari akar budaya bangsa Indonesia yang mengandung nilai-nilai luhur yang dijunjung tinggi hingga sekarang, baik nilai-nilai agama, adat istiadat serta kebersamaan.

“Dengan berpegang teguh nilai-nilai Pancasila insyallah kita semua bisa hidup rukun,” ucap Letkol Tan Kurniawan.

Dandim juga berpesan kepada sejumlah perwakilan tokoh Agama yang hadir dalam kegiatan tersebut untuk sama-sama bisa mengcounter berita-berita hoax yang bisa berdampak kepada perpecahan umat beragama serta mengganggu stabilitas keamanan pada Pemilu 2024 ini.

Sementara itu Kepala Kemenag Kota Bandar Lampung, Drs. H. Makmur, M.Ag dalam sambutannya mengatakan, pihaknya mengajak para tokoh agama, pemuka agama pemimpin agama serta tokoh masyarakat untuk lebih menginternalisasi ajaran agama yang sejuk dan damai terlebih saat ini situasi menjelang pemilu agar bersama-sama menjaga kondusifitas antar umat beragama.

Ia juga mengatakan partisipasi para tokoh agama sangat penting dalam pengawasan dan pencegahan pelanggaran pemilu tahun 2024. “Hal ini karena pemilu merupakan sarana politik dalam rangka menentukan kepemimpinan bangsa, oleh karenanya untuk memastikan pemilu yang damai dan demokratis serta berjalan dengan baik diperlukan sinergi dan peran tokoh agama didalamnya.” terangnya

Lanjutnya, dalam menjalankan fungsi dan perannya di pemilu 2024 tokoh agama perlu bersinergi dan berkolaborasi bersama dengan penyelenggara pemilu untuk membangun literasi politik serta penyadaran hak dan tanggungjawab politik.

Ia juga berpesan, kepada para tokoh agama tidak mengijinkan rumah ibadah sebagai ajang kampanye. ” Usahakan tempat ibadah tersebut steril dari berbau Politik, dikhawatirkan hal tersebut dapat memecah belah umat bergama,” pungkasnya

Kegiatan impun mupakat ini ditandai dengan pernyataan sikap tentang pemilu damai tahun 2024 dan ditandatangani oleh perwakilan lembaga umat beragama di Kota Bandar Lampung. Hadir diantaranya, Kepala Kemenag, Dandim, Kapolres dan Kakesbangpol Kota Bandar Lampung. (*)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *