Example floating
Example floating
Jambi

Ketua DPRD Provinsi Jambi Minta Kementerian ESDM Dorong Pihak Pengusaha Batubara Realisasi Jalan Khusus

Redaksi
×

Ketua DPRD Provinsi Jambi Minta Kementerian ESDM Dorong Pihak Pengusaha Batubara Realisasi Jalan Khusus

Sebarkan artikel ini

JAMBI- Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto minta Kementerian ESDM untuk segera mendorong pihak pengusaha batubara di Jambi merealisasikan jalan khusus.

Hal itu, dikantakan oleh Edi Purwanto terkait menyikapi ada surat dari Dirjen Mineral dan Batubara Kementerian Energi, Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Ketika jalan khusus ini terealisasi maka tidak akan ada timbul permasalahan. Harusnya (Dirjen Minerba) sama-sama mendorong agar pengusaha membangun jalan khusus, tidak lagi menggunakan jalan nasional atau umum, ini yang harus didorong sampai betul-betul dilaksanakan,” kata Edi Purwanto, Kamis (1/2/24).

Ia juga menerangkan bahwa Komisi V DPR RI juga sependapat harus ada jalan khusus yang dibuat oleh perusahaan agar bisa dilewati oleh kendaraan pengangkut batu bara.

Bahwa jalan nasional hanya di peruntukkan untuk jalan umum, bukan untuk jalan khusus.

“Jadi jalani saja keputusan yang sudah kita buat bersama, stop angkutan batubara melintasi jalan nasional. Tegas saja, itu yang kita jalankan,”ungkapnya.

Terkait dengan angkutan, sampai dengan saat ini pemerintah masih memperbolehkan untuk penggunaan jalur sungai, meskipun hal ini juga harus dilakukan evaluasi dan tidak mengandalkan jalur sungai karena kondisi debit air yang tidak menentu.

“Intinya jalan khusus batubara itu yang harus terealisasi, itu saja,” tutupnya.( TR)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *