Example floating
Example floating
DaerahTulang Bawang Barat

Dana Pelantikan dan Bimtek KPPS Tubaba Menimbulkan Ketidakjelasan

Redaksi
×

Dana Pelantikan dan Bimtek KPPS Tubaba Menimbulkan Ketidakjelasan

Sebarkan artikel ini

PANARAGAN–Pasca Pelantikan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, ketidakjelasan terkait anggaran kegiatan Pelantikan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) KPPS telah menimbulkan kebingungan di kalangan aparat pemerintah tiyuh (desa), anggota KPPS, dan masyarakat.

Sekretaris tiyuh Panaragan Basyah Putra menyampaikan kebingungannya terhadap biaya pelantikan dan Bimtek KPPS yang diselenggarakan oleh KPU Tubaba, mengatakan bahwa sejumlah anggota KPPS membandingkan informasi yang mereka terima dari beberapa kabupaten yang berbeda.

“Saya bingung ini sedikit gaduh masalah dana Pelantikan, dan Bimtek KPPS. Yang sebenarnya seperti apa, coba bantu cek di KPU Tubaba, informasinya yang benar seperti apa, soalah-olah kami tidak transparan. Karena sejumlah anggota KPPS membandingkan informasi yang mereka terima dari beberapa Kabupaten yang berbeda-beda.” kata Basyah Putra, Minggu (28/1/2024)

Namun, kepala tiyuh Panaragan Jaya Utama, Supriyanto, mengklaim tidak mengetahui apapun terkait kegiatan tersebut.

“PPS tidak melibatkan pemerintah tiyuh, tidak ada koordinasi PPS dengan saya selaku kepala tiyuh, mulai dari perekrutan sampai urusan pelantikan dan Bimtek KPPS” kata Supriyanto, dikonfirmasi melalui telepon selulernya.

Sementara itu Ketua PPS tiyuh Murni Jaya Kecamatan Tumijajar, Asep, juga menyoroti bahwa hingga saat ini KPPS di wilayahnya belum menerima uang transportasi.

“Kegiatan pelantikan dan Bimtek belum ada informasi dari KPU Tubaba untuk uang transportasinya, memang sampai hari ini masih menggunakan uang operasional PPS untuk kebutuhan Konsumsi Snack. Kami tidak ada interuksi untuk menalangi biaya transportasinya. Memang banyak yang menanyakan juga dengan kami” kata Asep

Hal senada juga dikatakan Lurah Panaragan Jaya, Rilman, menyatakan bahwa pelaksanaan pelantikan hanya melibatkan konsumsi snack dan fasilitas aula kelurahan.

“Tidak ada biaya, hanya snack pelantikan dan Bimtek, katanya ada transport tapi saya kurang tahu pastinya. Kalau biaya sewa gedung atau biaya kebutuhan lainnya, memang menggunakan fasilitas Aula Kelurahan Panaragan Jaya.” kata Rilman

Dikonfirmasi kepada Agustriwan PPK Kecamatan Tulang Bawang Tengah menegaskan bahwa biaya saat ini hanya untuk konsumsi dan transport, dengan semua kegiatan diatur langsung oleh PPS dari KPU.

“Pelantikan dan Bimtek, semua itu diatur oleh PPS langsung dari KPU. Untuk Konsumsi Snack dikelola PPS, sedangkan transport menunggu transfer dari KPU Tubaba ke PPS. Soal sewa sewa dan biaya lain kami tidak tahu” pungkasnya.

Meskipun demikian, ketidakjelasan mengenai dana pelantikan dan Bimtek KPPS Tubaba tetap menjadi sorotan, memunculkan kebutuhan akan transparansi dan koordinasi yang lebih baik dalam pengelolaan anggaran untuk kegiatan tersebut.(Toni)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *