Example floating
Example floating
DaerahTulang Bawang Barat

Ketua BAPANAS Pusat Dialog dengan Pejabat Bupati Tubaba

Redaksi
×

Ketua BAPANAS Pusat Dialog dengan Pejabat Bupati Tubaba

Sebarkan artikel ini

PANARAGAN–Luas lahan sawah irigasi 19.000 hektar lebih, sawah tadah hujan 354 hektar, sebagian besar penduduk di Tulangbawang Barat(Tubaba), adalah petani dan pekebun.

Hal tersebut disampaikan Penjabat (Pj) Bupati(Tubaba) Drs. M. Firsada, M.Si saat dialog program Mix Corporate Farming, di Tiyuh Karta, Kecamatan Tulang Bawang Udik yang dihadiri langsung Ketua Badan Pangan Nasional (BAPANAS) Aris Prasetyo Adi dan Ketua Umum Gerakan Satmakura Lampung Mochtar Sani, (Sabtu 6/1/2024) .

Dengan tujuan guna merealisasikan, Program sistem pertanian berkorporasi di Tubaba sebagai bukti komitmen pemerintah pusat dalam mendukung upaya pengembangan sektor pertanian di daerah.

M. Firsada mengajak para peserta dialog untuk memanfaatkan dialog tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan produksi pangan di Tubaba.

“Hari ini mari kita manfaatkan kunjungan Kepala Bapanas, untuk meningkatkan produksi pertanian kita, apalagi ada dukungan dari koperasi Satmakura.” ajak M. Firsada.

Sementara ditempat yang sama, Ketua Bapanas RI Aris Prasetyo Adi menyatakan,
apapun kondisinya Bapanas harus menjamin memiliki stok pangan strategis, seperti beras, jagung, kedelai, daging ruminansia (daging sapi dan kerbau yang berasal dari ternak: red) unggas, ayam pedaging dan petelur serta gula konsumsi.

“Kebutuhan pangan strategis secara nasional perbulan ada di angka 2,55 juta ton, namun jika Januari produksi di bawah 1 juta ton dan bulan Februari juga tidak lebih dari 1,3 juta ton, artinya kita mengalami defisit 2,8 juta ton, ” Ungkapannya.

Disampaikan Ketua Umum Gerakan Satmakura Lampung Mochtar Sani, Gerakan Satmakura melalui Koperasi Satmakura Mitra Usaha akan membangun koordinasi lintas sektoral dengan semua pihak terkait dan melaksanakan kegiatan Mix Corporate Farming dalam bentuk yang integrated, terpadu, searah dan seimbang dan terkordinasi.

“Hal ini sangat dibutuhkan guna meningkatkan kapasitas, kualitas dan kontinuitas hasil produksi petani binaan koperasi Satmakura Mitra Usaha yang saat ini telah mengelola lahan 2000 hektar. Untuk mengoptimalkan program Mix Corporate Farming di Tubaba, saat ini telah tersedia lahan 12.000 hektar.” rincinya.(TONI)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *