Example floating
Example floating
Maluku

Bawaslu Halmahera Utara Pantau Langsung Sortir Dan Lipat Surat Suara Pemilu

Redaksi
×

Bawaslu Halmahera Utara Pantau Langsung Sortir Dan Lipat Surat Suara Pemilu

Sebarkan artikel ini

Malut- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Halmahera Utara, Maluku Utara, secara ketat melakukan pengawasan atau pemantauan secara langsung proses sortir dan lipat surat suara (SS) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, tepatnya di Gedung logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halmahera Utara, pada Jumat (5/01) kemarin.

Pengawasan sortir dan lipat SS oleh Bawaslu Halmahera Utara, ini dihadiri langsung oleh pimpinan Bawaslu Maluku Utara (Malut) selaku Koordinator wilayah (Korwil) Halmahera Utara Adriyan Yoro Naleng.

Didampingi staf, Rusni Ibrahim Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat mengatakan, berdasarkan pengawasan hari pertama SS yang di lipat sebanyak 115.458 lembar, sementara SS rusak sebanyak 14 lembar. 

“Untuk sortir SS sendiri dilakukan bertahap hari pertama Presiden dan Wakil Presiden, berikut DPD, DPR RI, DPR Provinsi, dan terakhir DPRD Kabupaten selama 15 hari kedepan,”kata Rusni.

Lebih lanjut, Rusni menyampaikan, hal ini dilakukan agar pelipatan SS dapat dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah diatur oleh PKPU, dimana pelipatan dan pengikatan keamanan pada saat mengikat SS dengan kaset dan mengikat jumlah SS pada satu ikat berjumlah 25 lipatan di setiap lipatan SS.

Sementara itu, ketua Bawaslu Halmahera Utara Ahmad Idris menambahkan, bahwa  Bawaslu melakukan pengawasan sortir dan lipat SS, ini dalam rangka memastikan semua proses yang berjalan sesuai dengan prosedur peraturan.

“Selain soal prosedur yang terpenting yang menjadi fokus pengawasan Bawaslu adalah soal SS rusak dan SS lebih yang harus dipastikan jumlahnya,”tambahnya.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *