Example floating
Example floating
DaerahPringsewu

Wisata Kuliner Maliosewu Kabupaten Pringsewu Resmi Dibuka

Redaksi
×

Wisata Kuliner Maliosewu Kabupaten Pringsewu Resmi Dibuka

Sebarkan artikel ini

PRINGSEWU – Maliosewu, Malioboro-nya Pringsewu resmi dibuka. Pusat kuliner yang berlokasi di ruas jalan menuju arah Komplek Pemkab Pringsewu, Kawasan Tugu Gajah, Pekon Bulukarto, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu dibuka Pj. Bupati Pringsewu Adi Erlansyah, Sabtu (30/12/2023) petang.

Pj. Bupati Pringsewu Adi Erlansyah mengatakan pembukaan kuliner Maliosewu ini merupakan rangkaian dari beberapa kegiatan pemerintah daerah dalam rangka mengakhiri tahun 2023 dan menyongsong tahun baru 2024.

“Beberapa waktu lalu kami menerima aspirasi dari masyarakat, bahwa katanya dulu tempat ini sebetulnya sudah direncanakan sebagai tempat kuliner, tapi kondisi saat itu belum memungkinkan,” ujarnya.

Berbicara fungsi trotoar, kata Pj. Bupati, tentunya merupakan fasilitas yang dikhususkan bagi pejalan kaki, termasuk penyandang disabilitas, sehingga trotoar yang dibangun tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas petunjuk untuk penyandang disabilitas.

“Kalau pada pagi hingga sore hari tentunya trotoar ini digunakan oleh masyarakat khususnya para pejalan kaki. Tetapi pada malam hari kurang dimanfaatkan, sehingga kami mengijinkan trotoar ini dipergunakan oleh para pelaku UMKM sebagai tempat usaha kuliner khusus pada malam hari,” katanya.

Lebih lanjut disampaikan Adi Erlansyah, bahwa UMKM telah terbukti sebagai salah satu usaha yang dapat bertahan pada masa pandemi. Ia mengajak semua pihak untuk bersama-sama mengembangkan UMKM guna menopang sektor ekonomi Kabupaten Pringsewu.

Sementara itu, Kadis Koperindag Kabupaten Pringsewu Malian Ayub menjelaskan tujuan dari adanya wisata kuliner Maliosewu adalah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Dimana pada tahap awal ada 56 lapak pelaku UMKM, dan selanjutnya jika tempatnya sudah memungkinkan akan disesuaikan.

“Penamaan Maliosewu ini sendiri terinspirasi dari Malioboro Yogyakarta, yang dahulunya juga merupakan pusat kuliner di Yogyakarta. Karena ini berada di Kabupaten Pringsewu, maka namanya disesuaikan menjadi Maliosewu,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, juga diserahkan secara simbolis bantuan dari Dekranasda Kabupaten Pringsewu bagi para pelaku IKM di Kabupaten Pringsewu, oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Pringsewu Nana Adi Erlansyah.

Pembukaan atau launching Maliosewu dihadiri anggota DPD RI dari Provinsi Lampung KH. Abdul Hakim, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Pringsewu Maulana M.Lahudin, Kapolres Pringsewu AKBP Benny Prasetya, Dandim 0424 Letkol Inf. Vicky Heru Harsanto serta jajaran pemerintah daerah dan instansi vertikal lainnya. (*/ Her)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *