Example floating
Example floating
Bekasi

Puluhan Wartawan Yang Di Inisiasi DPC AWPI Kota Bekasi Ikuti UKW Untuk Meningkatkan SDM

Redaksi
×

Puluhan Wartawan Yang Di Inisiasi DPC AWPI Kota Bekasi Ikuti UKW Untuk Meningkatkan SDM

Sebarkan artikel ini

Kota Bekasi.Independen Pos – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) AWPI Kota Bekasi menyelenggarakan kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW). bertemakan ” Meningkatkan Kompetensi dan Profesional Wartawan ” bekerjasama dengan FIKOM (fakultas ilmu komunikasi-red) Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) dengan angkatan Uji Kompetensi Wartawan yang ke 41 yang berlangsung selama 2 (dua) hari di Gedung Bekasi Creative center, Margahayu, Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu- Minggu (9-10/12/2023).

Adapun peserta yang mengikuti uji kompetensi wartawan berjumlah 12 orang diantaranya :
Moh Hatta Tahir. S.Sos (analisnews). , Rhagil Asmara Satyanegoro (independenpos), Riyan Oktaviano.P.(Media awasi.mengudurkan diri)., Rosyadi (Beritajejakfakta)., Suryono, ST (mendicibernews)., Yulizar, Harahap (rannews)., Arifin Dalimunthe (kabarindoraya)., Dedeh Mahkuto Pertiwi (analis news., Eko Budiarso (analis news)., Fathir (globalsatu)., Jerry (haluanindonesia)., Lukmanul Hakim (xpossetv.live).

Namun dalam pelaksanaan UKW ada satu orang yang tidak bisa mengikuti kegiatan tersebut, sebab adanya urusan penting yang tidak dapat ditinggalkan, maka ia (Riyan.OP-red) tetap mengundurkan diri, sehingga peserta yang maju untuk uji kompetensi menjadi 11 orang, sehingga dinyatakan berkompeten.

Uji kompetensi wartawan merupakan langkah penting dalam menjaga standar profesionalisme, melindungi kepercayaan masyarakat dan meningkatkan kualitas SDM dalam peliputan berita diera perkembangan teknologi sesuai zamannya.

Dalam era teknologi media dan keterbukaan informasi yang semakin kompleks, uji kompetensi menjadi sarana untuk menilai pengetahuan, keterampilan dan etika wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistik.

Seusai pelaksanaan kegiatan Uji Kompetensi Wartawan selesai. Rustam Fachri, Alumni Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada (UGM) yang juga anggota Komisi Pengaduan dan juga sebagai Penegakan Etik Dewan Pers. Saat dikonfirmasi beberapa wartawan , mengatakan bahwa tujuan dengan adanya Uji Kompetensi Wartawan (UKW) adalah untuk meningkatkan kompetensi dan sekaligus Profesionalitas wartawan dan selain itu, dengan UKW diharapkan dalam melakukan tugas kerja jurnalistik serta mampu menunjukkan profesionalnya itu memiliki standar kerja setara.

“Sehingga dalam konteks kepentingan publik, pelaksanaan kegiatan jurnalistik itu bisa diselenggarakan dengan baik dan berintegritas, memenuhi kepentingan masyarakat dengan kualitas wartawan yang perlu distandarkan,”katanya.

Masih menurutnya, yang pertama itu harus kompeten pengetahuan praktis, kemudian pengetahuan yang sifatnya soft skill dan integritas maupun paham soal kode etik jurnalistik, maka tentu standarnya banyak sekali ya, bahwa wartawan itu harus memiliki pengetahuan praktis bagaimana menulis, wawancara dan mempublikasikan serta bagaimana memahami bahwa karya jurnalistik yang diterbitkan dan disiarkan itu sudah memenuhi keberimbangan dan tidak menghakimi, juga memegang prinsip azas praduga tak bersalah,” Tegas Rustam Fachri .

Lebih lanjut, ia menjelaskan, bahwa untuk memenuhi syarat mata uji kompeten berdasarkan apa yang disampaikan oleh dewan pers nilai yang harus dicapai di setiap materi minimal mencapai nilai 70.

“Maka standar lulusnya dari setiap mata uji itu nilainya minimal 70. Jika dibawah 70 berarti dia tidak kompeten atau belum lulus untuk mata uji tersebut,” Kata Rustam Fachri yang juga salah satu penguji kegiatan UKW ini.

Sementara, Ketua AWPI DPC Kota Bekasi Jerry menyampaikan, Terimakasih atas support dan dukungan dari pemerintah Kota Bekasi dan juga Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Universitas, Prof. Dr. Moestopo, (Beragama) dalam hal ini, selaku penyelenggara dan juga sebagai penguji atas terlaksananya kegiatan tersebut,” Katanya.

“Semoga Uji Kompetensi Wartawan ini dapat bermanfaat, menambah ilmu pengetahuan atau bekal untuk kita semua, khususnya anggota yang tergabung dalam wadah Organisasi Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) DPC Kota Bekasi,lebih mumpuni dalam melaksanakan tugas-tugasnya sebagai wartawan, serta
Sesuai moto kita Meningkatkan Kompetensi Pers Profesional Wartawan , dan bagi rekan – rekan yang belum berkesempatan mudah -mudahan ke depannya dapat ikut, ”Jerry menuturkan.

Jerry berharap, seluruh anggota yang telah mengikuti UKW tersebut, menjadi suatu dasar ilmu keprofesionalan yang menjunjung tinggi nilai-nilai kode etik jurnalistik, dan menjaga marwah profesi kewartawanan dan Marwah organisasi yang telah mendorong untuk kemajuan para Anggota agar dapat menjadi wartawan yang sejati, dan bisa mengikuti uji kompetensi tahun depan,” Kata Jerry.(Rhagil)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *