Example floating
Example floating
Bandar Lampung

Pemkot Bandar Lampung Melalui BPBD Menyuplai Air Bersih di Beberapa Desa Terdampak Kemarau

Redaksi
×

Pemkot Bandar Lampung Melalui BPBD Menyuplai Air Bersih di Beberapa Desa Terdampak Kemarau

Sebarkan artikel ini

BANDAR LAMPUNG – Fenomena El Nino dengan kemarau panjang membawa dampak kekeringan di wilayah Kota Bandar Lampung. Sejumlah wilayah yang tersebar di 20 Kecamatan mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih. Sabtu (4/11/2023).

Dengan sigap Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Bandar Lampung berupaya menyuplai air bersih di beberapa Desa yang paling terdampak kemarau panjang.

Kepala BPBD kota Bandarlampung, Ahmad Husna menyampaikan bahwa hal ini sebagai upaya meringankan beban warga yang kesulitan mendapatkan air bersih.

“Sampai dengan hari ini sesuai perintah ibu walikota Bandarlampung bahwa selama tiga bulan terakhir BPBD telah menyalurkan sejumlah 4.899.000 ribu liter air bersih di seluruh wilayah kota Bandarlampung yang terdampak kekeringan akibat El Nino,” ungkapnya.

Menurutnya, meskipun dua hari ini cuaca di kota Bandarlampung sudah memasuki musim penghujan, pihaknya tetap melakukan penyaluran air bersih ke sejumlah warga yang memang membutuhkan.

“Dan perubahan cuaca dia hari ini, Bandarlampung Alhamdulillah mulai hujan, tetapi permintaan air bersih tetap kita salurkan untuk seluruh masyarakat terutama masyarakat yang berada di daerah pegunungan seperti di Way Gubak, Way Laga, Sukamaju, Sumber Agung dan Sumber Rejo di Kemiling,” paparnya.

Dia menjelaskan, tiap wilayah mendapatkan suplai air bersih sebanyak 7 ribu liter air pertangki yang mana BPBD dibantu oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan PDAM.

“Setiap hari kita bagikan air bersih mulai start jam 8 pagi dan berakhir atau selesai pukul 11 malam. Ini air yang kita distribusikan itu memang untuk di konsumsi rumah tangga, karena mata airnya juga higienis dan bisa di konsumsi,” ujarnya.

Husna berharap pada saat penyaluran air bersih pamong dapat mendampingi warganya. ” Supaya terarah dan teratur penyaluran air bersihnya. Dalam satu hari kita menyalurkan air bersih ini di 25 titik,”katanya.

Dia mengatakan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan distribusi air bersih dari BPBD bisa menghubungi pamong setempat.

” Masyarakat silahkan menyampaikan ke pamong setempat, dan nanti akan disampaikan ke lurah dan lurah akan menyampaikan ke BPBD dan nanti akan kita jadwalkan, dan sesuai jadwal akan kita kirim mulai jam 8 pagi sampai jam 11 malam,”terangnya.

Dia menegaskan, meskipun dalam dua hari ini kota Bandarlampung sudah diguyur hujan, pihaknya akan tetap menyalurkan air bersih bagi warga yang memang membutuhkan.

“Kita tidak ada batasan, seluruh permintaan masyarakat tetap kita penuhi memang itu menjadi perioritas program walikota kota Bandarlampung melayani masyarakat sampai dengan tercukupi seluruhnya,” tegasnya.

Adapun wilayah yang mendapat distribusi air bersih seperti Way Laga, Way Gubak, Sumber Rejo Sejahtera, Sumber Agung, Way Dadi, Sukamaju, Bumi waras, dan Garuntang serta Bumi Raya. (*)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *