Example floating
Example floating
DKI Jakarta

Lurah Kramatjati Hadiri Maulid Nabi Yang Digelar Oleh Majlis Nur Munambia

Redaksi
×

Lurah Kramatjati Hadiri Maulid Nabi Yang Digelar Oleh Majlis Nur Munambia

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Dalam memperingati Maulid Nabi yang digelar Majlis Nur Munambia bersama Warga dari RT. 012/ RW 06, Kelurahan Kramatjati, Kecamatan Kramatjati, Kota Jakarta Timur Provinsi DKI Jakarta, acara berlangsung di Majlis Ta’alim Nur Munambia Jl. Al Amin RT 012 RW O6, Jumat ( 13/10/2023), Malam.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Lurah Kramatjati Karman didampingi staff lainnya, Penceramah KH. Shomad Mukhrisun, S.Ag, Ketua RT 12 Budi Utama, Ketua RW. 06 H. M. Yunus dan Para jamaah Majlis Ta’alim Nur Munambia serta tamu undangan lainnya.

Agenda acara diawali dengan penampilan ceramah dan sholawat oleh anak-anak majlis Taalim Nur Munambia, Kemudian dilanjutkan dengan Sambutan Ketua Majlis Taalim Irawan dilanjutkan dengan Sambutan Lurah Kramatjati Karman, Kemudian masuk pada acara inti Peringatan Maulid Nabi SAW yang disampaikan oleh KH. Shomad Mukhrisun.

Pantauan awak media. Acara ini diramaikan oleh Pengurus dan jama’ah majlis taalim Nur Munambia serta dihadiri oleh warga RT 012 RW 06.

Jamaah cukup ramai yang hadir sekitar 150 orang. Jama’ah sangat antusias mendengarkan taushiyah yang di sampaikan oleh penceramah.

KH. Shomad Mukhrisun, S.Ag
Dalam tausyiahnya bertema, “Meneladani Akhlak Mulia Rasulullah Menuju Pribadi Musim Yang Taat dan Hebat”.

Ia sampaikan, seorang itu harus mampu meneladani dan mencontoh Rasulullah, selain menjadi rasul, Nabi Muhammad juga menjadi manusia biasa, berdakwah, berdagang, maka Rasulullah itu semua diberikan untuk berbuat baik,” jelas Kiyai Shomad.

Lanjut, seperti halnya para pengurus majlis taalim, bisa mengurus, merawat dan memeliharanya anak-anak supaya menjadi lebih baik, maka itu menjadi istimewa, begitu juga keseharian Rasulullah, beliau sopan santun, bicaranya lembut, kita ikutan lembut dalam segala hal hidup bermasyarakat, jadi tidak ada yang tersisa dari sifat rasul bisa kita contohi dengan sebaik-baiknya,” ucap Kiyai.

Makna yang bisa kita ambil untuk momentum Maulid Nabi, kita mulai dari sesuatu yang terkecil tidak usah yang terlalu besar-besar, apa yang kita mampu lakukan dan menyebar kebaikan kepada orang lain, sebetulnya kita sudah mengikuti Jejaknya Nabi Muhammad terutama bagaimana kita mulai dari keluarga kita dulu, dari diri kita, jadi keluarga dulu baru ke yang lainnya.

“Jadi momentum Maulid ini, bisa kita katakan pendorong semakin cinta Nabi Muhammad, pewaris Nabi dan semakin cinta kepada orang orang yang dicintai Rasulullah,” papar Kiyai.

Acara semakin malam semakin ramai antusias dari warga yang hadir memenuhi undangan maulid di Majlis Nur Munambia.

Pada kesempatan tersebut, Lurah Kramatjati, Karman mengatakan Hadir di acara Maulid sesuai undangan dari panitia yang dilaksanakan di wilayah RT 12 RW 06, inilah coba saya lakukan bagaimana saya bisa menyatu, bergaul, tatap muka secara langsung dengan masyarakat baik dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, alim ulama, Ustadz Ustadz, yang dikategorikan untuk bisa menyatu,’ katanya.

Masih kata Lurah, “Kegiatan Maulid seperti ini tidak hanya disatu RT, RW, tapi untuk seluruh wilayah kelurahan kramatjati saya berusaha bisa hadir, terlepas dari tidak atau adanya undangan, intinya saya berada ditengah-tengah masyarakat dan bisa fokus pada kegiatan masyarakat.

Disisi lain, Lurah menyinggung mengenai IMB, memberikan himbauan kepada warga, untuk bisa mengurusnya, kita pemerintah akan membantu dan tidak dipungut biaya, gratis.

Seperti pengurusan sekolah, musholla, masjid termasuk gereja pun kita bantu bagaimana bisa memiliki IMB nya, tetapi dipenuhi syarat-syarat yang menjadi ketentuan, sepanjang itu bisa dilakukan kelengkapan persyaratannya, pemerintah akan memberikan kemudahan untuk mendapatkan perizinan yang dimaksud,” Jelas Lurah Karman.

Sementara itu, Ketua Majelis Ta’lim Nur Munambia Irwan menyampaikan, agenda Maulid Majlis Taalim Munambia, sudah jelas tadi tersusun rapi, diawali pembukaan, ceramah singkat anak-anak, pembacaan tahlil, Maulid dan sambutan sambutan dan ceramah yang disampaikan oleh kiyai yang kita undang dan makan bersama,” ungkapnya.

Kemudian, “Acara ini kita lakukan tiap tahun, antusias dari warga walaupun keadaan kita seperti ini bisa dilihat kecil, tapi alhamdulillah antusias warga, orang tua murid, siswa bahu membahu agar terlaksana nya acara ini.

Sejak awal Majlis taalim ini sebuah wakaf dan renovasi, kita gunakan untuk kegiatan-kegiatan sosial, pengajian untuk bapak-bapak, ibu-ibu, anak-anak, dan arisan.

Selain itu, ada keluarga dari kampung ingin istrahat, untuk acara lamaran, pernikahan, silakan bisa digunakan, kita tidak pernah pungut biaya, ada yang mengisi uang kas, kotak amal juga silakan, karena ini wakaf, dari kita dan untuk kita,” kata Irwan.

Selanjutnya, target yang ingin dicapai oleh majlis taalim yaitu akan mendidik dan membina melalui pengajian untuk anak-anak di sekitar majlis, karena dengan kegiatan seperti ini bisa mengurangi anak-anak untuk bermain sosmed, gadget/HP ataupun yang lainnya,” tutup Irwan.

Hal senada, disampaikan oleh Ketua RT 012, Budi Utama, ” Pertama-tama puji syukur alhamdulillah acara berjalan sukses dan lancar berkat kerjasama kita semua dan kedepannya kita perlu membangun majlis taalim yang baru ini menjadi lebih baik dan alhamdulillah sudah berjalan dengan kondisi yang ada,” katanya.

Kemudian, untuk program majlis taalim untuk bapak-bapak, ibu-ibu dan juga anak-anak remaja sudah berjalan, program ini juga mengantisipasi terhadap kenakalan anak khususnya para remaja terhadap bahaya narkoba dan tawuran, kegiatan yang sudah berjalan seperti hadroh antisipasi supaya anak-anak tidak keluar malam dan juga diberikan siraman rohani oleh ustadz.

Acara Maulid tahun ini antusiasme warga diluar dugaan kita semua, ucapan terimakasih buat semuanya, luar biasa support dan dukungan dari warga,” ungkap Budi utama.

Hal lain, juga disampaikan oleh Pemilik media RJMTV dan RJMNEWS, Kantornya berdekatan dengan Majlis Talim Nur Munambia.

Satilan Ruslan dilokasi yang sama mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Ketua RT 012, Pengurus Majlis Nur Munambia bersama warga telah sukses dan lancar melaksanakan maulid nabi, yg mana acara ini rutin dilaksanakan tiap tahun,” terangnya.

Satilan Ruslan berharap kedepan acara maulid ini membawa manfaat buat kita semua, mempererat tali silaturahmi sesama warga, agar rukun damai.

Dan ia menambahkan, tak lupa kami juga menghaturkan banyak terimakasih dan apresiasi kepada pak lurah kramatjati jati yg turut hadir di acara maulid, jadi kita semua bisa saling sinergis untuk sama-sama membangun wilayah kita khusus di RT 012 RW 06,” tandasnya.

(ARS)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *