Example floating
Example floating
Nasional

Rangkaian HUT RI Ke 78, Dandim Tobelo Jadi Irup di Apel Kehormatan

Redaksi
×

Rangkaian HUT RI Ke 78, Dandim Tobelo Jadi Irup di Apel Kehormatan

Sebarkan artikel ini

Halut- Komandan Kodim 1508/Tobelo Letkol Inf Davit Sutrisno Sirait menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) bertempat di  Taman Makam Pahlawan (TMP) Yasin Gamsungi Desa Soasio Kecamatan Galela Kabupaten Halmahera Utara, pada Rabu (16/8).

Selaku Irup Letkol Inf Davit Sutrisno Sirait Dandim 1508/Tobelo, Dan Up Kapten Arh Mohamad Ali Danramil 1508-02/Galela, Pa Up Letda Inf Heri Susanto Plh. Pasi Pers Dim 1508/Tobelo.

Ikut serta dalam kegiatan tersebut, Bupati Halut Ir. Frans Manery, Ketua DPRD Halut Janlis G Kitong, Wakil Bupati Halut Muchlis Tapi Tapi, Kapolres Halut AKBP Moh. Zulfikar Iskandar, Kepala Kejaksaan Negeri Tobelo Muhamad Ashan Thamrin, Ketua Pengadilan Negeri Tobelo Slamet Budiono, Staf Ahli Bupati Halut, Asisten Setda Halut dan para pimpinan OPD Pemkab setempat.

Selain itu, Kasdim 1508/Tobelo Mayor Inf. Rusmin Nuryadin, Waka Polres Halut Kompol Andreas Adi Febrianto, para Perwira Staf Kodim 1508/Tobelo, para Perwira Polres Halut, Camat Galela Rahwin Silim, Kapolsek Galela Iptu Chruys Rumbiak, Para Veteran, 1 SSR personel Kodim 1508/Tobelo, 1 SSR personel Satgas Yon Arhanud 3/YBY, 1 SSR personel Polres.

Upacara diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan, dilanjutkan dengan pembacaan apel kehormatan dan renungan Suci oleh inspektur upacara, ditandai dengan pemadaman listrik dengan menyalakan obor induk, dan menyalakan dan menyalakan obor yang lainnya di seputaran TMP.

Tampak para peserta yang hadir mengikuti rangkaian acara dengan khidmat.

Dandim 1508/Tobelo Letkol Inf Davit Sutrisno Sirait saat ditemui pada kesempatan tersebut mengatakan, Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam menyambut HUT ke 78 kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023.

“AKRS tersebut merupakan salah satu wujud dari menghargai para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia tercinta ini. Tentunya saat ini tidak seperti para pendahulu kita yang mana beliau telah berkorban harta bahkan nyawa untuk merebut kemerdekaan. Nah, kita sebagai warga Negara yang baik, hendaknya bisa melakukan hal – hal positif dengan terus meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme kita maupun menunjukkan serta memberikan berbagai bentuk prestasi yang baik kepada bangsa ini,” jelas Dandim Tobelo.

Pihaknya menegaskan dalam sebuah perenungan di lokasi bersumpah dan berjanji perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan bersama, dan jalan kebaktian saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi pihaknya juga.

“Kami berdoa, semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa, serta mendapat tempat yang sewajarnya”, ucap Letkol Inf Davit.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *