Example floating
Example floating
Uncategorized

Ketua AWPI Lampung, Tangkap Pelaku Pemukulan Wartawan, Beking Proyek DPUPR Provinsi di Mesuji

Redaksi
×

Ketua AWPI Lampung, Tangkap Pelaku Pemukulan Wartawan, Beking Proyek DPUPR Provinsi di Mesuji

Sebarkan artikel ini

Bandarlampung – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Lampung, H. Barusman HM meminta aparat kepolisian Khususnya Polda Lampung dan Polres Mesuji, menangkap, mengurung, dan memproses hukum pelaku tindak pidana pemukulan dan pengancaman pembunuhan terhadap wartawan yang sedang melakukan kerja jurnalistik, Polisi Jangan Sampai Kalah dengan Preman, Senin, (14 agustus 2023).

Sikap Tegas Ketua AWPI Provinsi Lampung, disampaikan saat Wartawan membesuk ketua AWPI Lampung yang sedang sakit di rumah sakit Urif Sumoharjo, way Halim bandarlampung, H. Barusman Menegaskan terkait masih banyaknya peristiwa kekerasan verbal dan fisik terhadap para jurnalis yang sedang melakukan tugasnya seperti yang baru dialami Kepala Biro Koran Harian Independen Pos Mesuji, Ishar yang juga anggota PWI Mesuji belum lama ini.

Kejadian tersebut terjadi di Saat wartawan Independen Post (Ishar) konfirmasi dengan Mulyadi, pengawas lapangan Dinas Bina Marga Provinsi Lampung, tentang pembangunan jalan Provinsi Simpang Garuda menuju ke Desa Wiralaga, Kecamatan Mesuji, di duga Pengawas Mulyadi bersama kontraktor dan sekelompok orang yang diduga preman, yang saat itu mengancam dan memukul Ishar.

Menghindari kekerasan fisik lebih lanjut, Ishar tancap gas ketika ada teman teman kelompok preman tersebut keluar membawa sesuatu di tangannya.

Kejadian tersebut, telah dilaporkan Ishar ke Polres Mesuji dengan nomor (STPL/112/VIII/2023/SPKT/RES MESUJI/POLDA LAMPUNG).

Dengan menghalang-halangi kerja jurnalistik pada saat melakukan peliputan di proyek tersebut, malah memunculkan pertanyaan kemungkinan adanya sesuatu yang disembunyikan, lalu mengambil langkah mudah dengan membayar preman yang justru tindakannya mengedepankan otot ketimbang otak.

Padahal, mereka yang menghalangi tugas jurnalistik dapat dipidana sesuai Pasal 18, UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers. Setiap orang yang menghambat dan menghalangi kerja wartawan dapat dipidana apalagi sampai melakukan kekerasan fisik, ungkap Barusman ketua AWPI Lampung yang juga Pimpinan Umum DIFa TV Group Lampung. (*)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *