Example floating
Example floating
Jambi

Pj Bupati Muaro Jambi dan Kadis PdK Hadir Pembukaan Festival Hasil Panen Belajar

Redaksi
×

Pj Bupati Muaro Jambi dan Kadis PdK Hadir Pembukaan Festival Hasil Panen Belajar

Sebarkan artikel ini

MUARO JAMBI — Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah membuka secara langsung Festival Hasil Panen Belajar. Di gedung serba guna kabupaten muaro jambi Rabu (5/7/23/

Festival Hasil Panen Belajar ini dilaksanakan di Gedung Serbaguna Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi. Dalam kegiatan itu hadir Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Muaro Jambi Firdaus, Sekretaris Daerah Kabupaten Muaro Jambi Budhi Hartono, kepala OPD dilingkup pemerintah kabupaten Muaro Jambi, kepala badan penjamin mutu pendidikan provinsi Jambi, kepala balai guru penggerak Provinsi Jambi, fasilitator guru penggerak dari Banyuwangi yaitu Ibu Endang Putri Astuti, para calon guru penggerak angkatan 7 dari jenjang TK SD SMP SMA dan SMK serta SLB di Kabupaten Muaro Jambi.

Kegiatan festival panen hasil belajar merupakan program dari guru penggerak di Kabupaten Muaro Jambi untuk meningkatkan kreativitas siswa dimasing-masing sekolah.

Siswa dituntut untuk mempunyai kreativitas dan karya berupa kerajinan tangan berupa souvernir, pangan, hasil karya siswa.

Dalam arahannya, PJ Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah menyebut jika kebijakan merdeka belajar menjadi solusi untuk mewujudkan visi misi Pendidikan Indonesia dan untuk memulihkan krisis pembelajaran dan upaya mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila yang beriman bertakwa kepada Tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, bagaimana cara bergotong-royong dan kebhinekaan global.

Katanya, guru penggerak berperan untuk menggerakkan komunitas pelajar rekan guru di sekolah dan wilayahnya. Menjadi pengajar praktek bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah.

Guru penggerak juga sebagai pendorong kepemimpinan murid di sekolah serta membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan menjadi pemimpin pembelajaran serta diharapkan menjadi pemimpin pendidikan di masa depan untuk mewujudkan generasi unggul Indonesia dan hal ini sejalan dengan tagline Muaro Jambi bergerak mantap.

“Program pendidikan guru penggerak merupakan bagian dari kebijakan merdeka belajar yang bermuara pada terciptanya profil pelajar Pancasila untuk menjadi guru penggerak,” kata Bachyuni.

Dengan program ini, PJ Bupati berharap kepada semua guru yang telah mengikuti pendidikan program guru penggerak ini dan secara tidak langsung telah mengikrarkan diri menjadi agen perubahan untuk membawa transformasi pendidikan kearah yang lebih baik sesuai dengan tujuan dan harapan kita bersama agar dapat mengimplementasikan praktik baik yang telah didapatkan selama mengikuti pendidikan guru penggerak dalam bentuk program-program yang berpihak kepada siswa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Muaro Jambi Firdaus menyebut, untuk menjadi guru penggerak harus mengikuti pendidikan guru penggerak selama 6 bulan selanjutnya selama mengikuti proses pendidikan peserta yang lolos seleksi program guru penggerak akan mendapatkan pengembangan kompetensi dalam lokakarya bersama 6 bulan, peningkatan kompetensi sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid.

Kemudian mereka juga mendapatkan pengalaman belajar mandiri dan kelompok terbimbing terstruktur dan menyenangkan, pengalaman belajar bersama dengan rekan guru lain yang sama-sama lolos revisi program guru penggerak.

Kata Firdaus, guru penggerak juga mendapatkan pengalaman mendapatkan bimbingan atau praktek dari pengajar monitoring atau pendamping pendidikan guru penggerak.

“Mendapatkan komunitas belajar baru dan mendapatkan sertifikat pendidikan sebagai salah satu syarat untuk menduduki jabatan sebagai kepala sekolah,” ungkap Firdaus. ( Rhadi)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *