Example floating
Example floating
Nasional

Datangi KPU Kalteng, PAN Daftarkan 45 Bacaleg 30 Persen Kaum Perempuan

Redaksi
×

Datangi KPU Kalteng, PAN Daftarkan 45 Bacaleg 30 Persen Kaum Perempuan

Sebarkan artikel ini

Kalteng- Ramai ramai mendaftarkan diri di KPU Kalteng di iringi dengan acara tarian tradisional Reok Ponorogo Partai Amant Nasional (PAN) Kalteng mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) ke KPU Kalteng, Jumat (12/5/2023).

Pendaftaran partai politik (parpol) dengan lambang matahari putih berlatar belakang warna biru ini berlangsung meriah dengan menghadirkan pertunjukan seni tradisional berupa reog ponorogo dan kuda lumping.

Sebelum itu para Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Kalteng, melakukan parade jalan kaki singkat di Jalan Jenderal Sudirman, sertai alunan musik dan rebana.

Kedatangan rombongan PAN Kalteng ini disambut hangat oleh Ketua KPU Kalteng Harmain Ibrohim.

Proses pendaftaran bacaleg pun berjalan lancar dan tak butuh waktu lama, lantaran sebelumnya pihak parpol telah berkoordinasi dengan KPU terkait kelengkapan berkas.

Ketua DPW PAN Kalteng Achmad Diran menyampaikan, pendaftaran dilaksanakan bersama seluruh pengurus PAN Kalteng dan bacaleg. Dengan jumlah yang diajukan sebanyak 45 bacaleg.

“Kami mendaftarkan 45 bacaleg sesuai jumlah kursi di DPRD Provinsi. Alhamdulillah, pendaftaran ke 45 bacaleg itu diterima oleh KPU Kalteng,” ucapnya.

Ke 45 bacaleg tersebut terdiri dari 29 laki-laki atau 64,45 persen dan 16 perempuan atau 35,55 persen.

Sesuai peraturan Undang-Undang KPU, bahwa minimal 30 persen bacaleg harus dari kalangan perempuan.

Dari 45 bacaleg ini terdiri dari pengurus, petahana, dan anggota PAN dari berbagai kalangan, seperti pengusaha, purnawirawan TNI/Polri, dan lain-lain.

Mantan Wakil Gubernur Kalteng tersebut menyebutkan, dalam pihaknya menargetkan 10 kursi DPRD Kalteng pada Pemilu Legislatif 2024 mendatang.

Untuk mencapai itu tentunya kampanye parpol perlu dilaksanakan, dalam hal ini pihaknya mengutamakan politik yang santun sebagai strategi mencuri hati masyarakat di Kalteng.

“Kami mengedepankan politik santun. Tidak ada perintah untuk pilih saya, pilih saya. Tapi kita harus sopan dan santun,” ujarnya.

Pendaftaran bacaleg PAN Kalteng dilakukan langsung oleh Ketu DPW PAN Kalteng Achmad Diran kepada Ketua KPU Kalteng Harmain Ibrohim, Jumat (12/5/2023) di kantor setempat.

Ia menambahkan, PAN adalah partai terbuka dan di dalamnya terdapat keberagaman, baik dari suku, ras, maupun agama. Untuk itu PAN selalu mengutamakan politik yang santun dan saling menghormati.

Adapun, terkait keterlibatan sebagai caleg dalam pemilu, Achmad Diran yang kini berusia 74 tahun mengaku tidak berniat untuk itu.

Ia mengaku sudah cukup berkecimpung di dunia politik dan lebih memilih untuk mendorong kalangan muda yang maju berpolitik. (Manghadiboy)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *