Example floating
Example floating
DaerahPringsewu

Kejari Pringsewu Berikan Penyuluhan Hukum ke Warga LDII

Redaksi
×

Kejari Pringsewu Berikan Penyuluhan Hukum ke Warga LDII

Sebarkan artikel ini

Pringsewu – Kejaksaan Negeri Pringsewu diwakili memberi penyuluhan hukum di hadapan warga LDII.Acara yang digelar di masjid Baitul Izza kelurahan Pringsewu barat Rabu 9/5/23

Kegiatan penyuluhan terhadap warga LDII Kasi di wakli kasi Intel I Kadek Dwi Ariatmaja, SH didampingi oleh Martin Josep Saputra, SH Kasubsi A yang membidangi ipoleksosbudhankam dihadiri 300 an orang peserta dari berbagai elemen yaitu pengurus LDII, takmir masjid, Satuan Komunitas gerakan pramuka Sekawan Persada Nusantara, Santri Pontren, dan Senkom Mitra Polri Pringsewu berlangsung Rabu (10/5/23).

Dalam sambutannya pria yang lebih akrab disapa Kadek mengatakan “Saya merasa terhormat dan kesejukan sebagai pemeluk agama Hindu bisa berbicara di tempat yang suci dihadapan umat islam, hal ini merupakan nilai-nilai toleransi dan wujud Bhineka Tunggal Ika.” ukapnya

Dalam paparan materi penyuluhan hukum yang bertajuk “Kenali Hukum dan Jauhi Hukuman” I Kadek Dwi Ariatmaja menyampaikan tentang sejarah dan keragaman bangsa Indonesia, empat pilar kebangsaan, tiga lembaga utama yang menjalankan kekuasaan pemerintahan, yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif dan penegakan dan pendekatan hukum restorative justice. Sebelum acara diakhiri dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab yang berlangsung dengan antusiame warga dengan mengajukan berbagai pertanyaan. Kadek menyadari karena keterbatasan waktu tidak semua pertanyaan bisa disampaikan.

“Bagi masyarakat yang mempunyai permasalahan hukum, Kejaksaan menyediakan ruang konsultasi hukum secara gratis, silakan masyarakat memanfaatkannya” Pungkas Kadek mengakhiri paparan materinya,” jelas I Kadek

Dalam laporannya Dian Arif Rahman yang juga ketua DPD LDII Pringsewu mengatakan bahwa maksud kegiatan ini adalah Dalam rangka meningkatkan kesadaran dan pemahaman hukum masyarakat, sehingga diperlukan adanya kegiatan pembinaan budaya hukum,

diantaranya melalui penyuluhan hukum, karena hukum akan berjalan efektif apabila masyarakat telah memiliki pengetahuan, pemahaman, dan melaksanakannya secara konsisten.

Masih menurut Dian Arif Rahman ada dua tujuan yang akan dicapai yaitu Meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang hukum, wawasan kebangsaan, serta hak dan kewajiban sebagai warna Negara serta Menumbuhkembangkan pemahaman sikap sadar dan budaya hukum dalam kehidupan bermasyarakat, beragama, berbangsa, dan bernegara.

“Warga LDII Pringsewu menjadi warga Negara yang taat hukum demi terciptanya ketentraman, keamanan, dan kesejahteraan di masyarakat serta menjunjung tinggi empat pilar kebangsaan demi terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa yang heterogenitas.” harapnya Dian Arif Rahman.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Drs. Heri Sensustadi Sekretaris DPW LDII Provinsi Lampung didampingi Ketua Dewan Penasehat DPW LDII Provinsi Lampung H. Narso, M.Si. Dalam sambutannya Heri Sensustadi mewakili Ketua DPW LDII Provinsi Lampung mengatakan bahwa kegiatan penyuluhan hukum yang digelar oleh LDII diberbagai tingkatan merupakan implementasi dari delapan bidang pengabdian LDII untuk bangsa, yaitu bidang kebangsaan, keagamaan, pendidikan, kesehatan, energy baru terbarukan, ekonomi syariah, teknologi digital,dan bidang pangan. Ditambahkan Heri Sensustadi hendaknya warga LDII Lampung dapat memahami dan mengimplementasikan 4 pilar kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, demi terwujudnya karakter bangsa yang professional dan religius. Beberapa kegiatan yang telah dilakukan LDII Lampung untuk negeri selama bulan ramadhan 1444 H yaitu membagikan 4.000 paket takjil, tali asih kepada 3.000 guru ngaji dan 100 orang anak yatim.(her).

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *