Example floating
Example floating
Maluku

Pemda Melalui Dinkes Halmahera Utara Gelar Advokasi dan Persiapan PKB Tahun 2023

Redaksi
×

Pemda Melalui Dinkes Halmahera Utara Gelar Advokasi dan Persiapan PKB Tahun 2023

Sebarkan artikel ini

 

Halut – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Halmahera Utara (Halut) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Halmahera Utara menggelar kegiatan Advokasi dan persiapan Pelaksanaan Pelayanan kesehatan Bergerak (PKB) di Kabupaten Halmahera Utara tahun 2023.

Kegiatan dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Halut F N Sahetapy mewakili Bupati, secara langsung bertempat di Ruang Meeting Freddy Djandua lantai dua kantor Bupati Halmahera Utara, belum lama kemarin.

Asisten I dalam sambutan Bupati mengatakan bahwa
UU kesehatan Mo 36 Tahun 2009 mengatakan bahwa upaya meningkatkan pelayanan bagi kesehatan masyarakat. “Yang dilaksanakan berdasarkan Prinsip Non Diskriminatif, Partisipatif dan Berkelanjutan. Setiap upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat merupakan investasi bagi Pembangunan Negara,” kata dia.

Lanjut Asisten I, Prinsip non diskriminatif mengandung makna bahwa semua masyarakat harus mendapatkan pelayanan kesehatan masyarakat termasuk masyarakat di daerah terpencil.

“Dimana masyarakat sehat, mandiri dan berkeadilan, mengandung makna semua orang mempunyai hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, yang bermutu, baik Masyarakat di daerah terpencil dan sangat terpencil,” sebut dia.

Ungkap lanjut Asisten I, Masyarakat di daerah terpencil dan sangat terpencil sangat tergantung pada pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan dasar kesehatan, pemerintah daerah mengandalkan puskesmas dan jaringannya dalam penyediaan pelayanan kesehatan pada daerah terpencil dan sangat terpencil.

“Namum kondisi geografis yang sangat sulit menjadi tantangan yang sangat sulit untuk diatasi oleh puskesmas untuk menjangkau masyarakat diwilayah kerja tersebut, “Jelasnya”

Asisten I juga ikut sampaikan, Tanpa, bantuan dari pemerintah kabupaten kota pemerataan pelayanan kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat merupakan salah satu sasaran yang ingin dicapai dalam pembangunan kesehatan.

“Permasalah utama yang ingin dicapai terkait akses yang terbatas khususnya bagi terpencil dan sangat terpencil. Keterbatasan akses pelayanan antara lain disebabkan karena kendala geografis, sarana transportasi yang menjangkau daerah tersebut,” ujar dia.

Kata dia, bahwa Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB) pada tahun 2023 di Provinsi Maluku Utara dilaksanakan pada dua kabupaten yakni kabupaten Halmahera Utara dan Pulau Morotai. Untuk Kabupaten Halmahera Utara dilaksanakan atau dilokuskan pada Desa Fitako dan Dowonggila Kecamatan Loloda Kepulauan.

Diharapkan pelayan kesehatan yang menyeluruh dan spesialistik ini dapat dimanfaatkan dan dilaksanakan secara optimal untuk dapat dinikmati manfaatnya,
oleh masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat oleh masyarakat Loloda Kepulauan khususnya Desa Fitako dan Dowonggila yang menjadi lokus pelaksanaan kegiatan ini.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *