Example floating
Example floating
Maluku

Aliansi Peduli Masyarakat Lingkar Industri PT NICO Halmahera Utara Lakukan Aksi Demonstrasi

Redaksi
×

Aliansi Peduli Masyarakat Lingkar Industri PT NICO Halmahera Utara Lakukan Aksi Demonstrasi

Sebarkan artikel ini

 

Halut- Sejumlah masyarakat yang mengatasnamakan Aliansi Peduli Masyarakat Lingkar Industri PT NICO, pada Jumat (27/1) bertempat di sekitar lokasi PT NICO Desa Kupa Kupa Kecamatan Tobelo Selatan Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara telah dilaksanakan Aksi Demonstrasi.

Aksi yang dilakukan oleh Aliansi Peduli Masyarakat Lingkar Industri PT NICO dengan tujuan menggugat PT NICO dengan meminta agar perusahaan tersebut ditutup jika tidak pro terhadap masyarakat lokal dan pecat HRDnya.

“Karna dianggap tidak mampu menjempatani kepentingan perusahaan dan hak hak tenaga kerja,” jelas Hein salah satu orator aksi.

Menurut dia, Sebagaimana diketahui bersama bahwa Negara kesatuan Repoblik Indonesia Telah mengikat kita secara bersama-sama dalam UUD 1945 dan Pancasila Sebagai Filsafa bangsa sebagai panduan Hidup dalam bernegara pasal 1 ayat (3).

“Tegas menyatakan Idonesia adalah Negara hukum. Sebagai Negara yang berkembang menuju ke Negara industry kiranya harus membangun etika perusahaan dalam menjamin kepastian Hukum atas Hak-Hak Tenaga Kerja dimana yang mana hal tersebut telah di atur dalam Kitab Undang- Undang Hukum Perdata, Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2004 Tenaga KetenagaKerja Undang-Undang Nomor, 11 Tahun 2020 Cipta Kerjaserta PP Nomor: 35 Tahun 2021 Tentang perjanjian Kerja,” kata dia.

Pihaknya menilai dengan adanya perusahaan Industri PT. NICO Tidak Menunjukan Kepatuhan Terhadap Undang-Undang yang telah memberikan jaminan kepastian hukum terhadap Hak-Hak Tenaga Kerja Berkaitan dengan
Tenaga Kerja Tidak Tetap, Tenaga Kerja Kontrak dan Tenaga Kerja Tetap, yang Mana harus di gambarkan oleh Perusahaan Guna menjamin Hak pekerja dan kewajiban pekerja atas Perusahaan, Namun Fakta yang Terjadi di PT. NICO yang mana menejemen HRD (Ibu Rita), Tidak mampu menjembatani kepentingan Masyarakat Lokal kuhsusnya Masyarakat Desa Kupa-Kupa Sebagai zona yang
berkepentingan langsung dengan hajat hidup Masyarakat lingkar Perusahaan.

Dia juga menyebut HRD yang terkesan mengabaikan tututan Masyarakat akan berdampak langsung dengan keberlangsungan perusahaan PT. NICO di Desa Kupa-Kupa.

“Dengan demikian kami aliansi masyarakat lingkar industri menggugat PT. NICO Halmahera Utara Meminta Kepada Pimpinan PT.NICO yang berada di Jakarta mengevaluasi pihak HRD,” tutur dia.

Aksi pun kemudian berjalan alot. Dan masa aksi pun pada akhirnya melakukan hearing, dengan ikut dikawal pihak pengamanan langsung menenangkan masa aksi agar tidak melakukan tindakan anarkis.

Sekitar Pukul 10.00 Wit, perwakilan masa aksi diterima oleh pihak PT NICO melakukan hearing hadir dalam hearing tersebut, HRD PT NICO, Rita, Camat Tobsel Antonis Ubur, Kadisnaker Jefri Hoata, Kabag ops Polres Halut Akp Johanis Apipidely, Kbo Sat Intelkam Polres Halut Ipda Deny Salaka,Danramil Tobelo Mayor Inf I Putu Artana Jaya, Kapolsek Tobsel IPTU Bery Namotemo serta 8 orang perwakilan masa aksi.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *