Example floating
Example floating
Metro

Tingkatkan Ilmu Jurnalistik, Mahasiswa IAIN Metro Praktek Lapangan di DPC AWPI Metro

Redaksi
×

Tingkatkan Ilmu Jurnalistik, Mahasiswa IAIN Metro Praktek Lapangan di DPC AWPI Metro

Sebarkan artikel ini

 

Kota Metro– Penyerahan 3 orang Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro dalam rangka Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), diserahkan oleh Ani Susilowati, M.Hum
selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI).

Kegiatan penyerahan Mahasiswa PPL diterima secara langsung oleh Ketua DPC AWPI Metro Verry Sudarto di kantor sekretariat DPC AWPI Kota Metro, Jalan Bungur, Gang Kenanga II, Kelurahan Metro, Kecamatan Metro Pusat, pada Selasa, (24/01/2023).

Menurut Ani Susilowati, M.Hum selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mengatakan, kedatangannya di kantor DPC AWPI Kota Metro tak lain adalah untuk menerjunkan Mahasiswa Program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam FUAD IAIN Metro Lampung.

“Yang dimana kegiatan ini yang tidak akan di temukan dibangku perkuliahan dan semua Mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Metro Lampung terutama yang masih menggunakan kurikulum 2017 wajib mengikuti kegiatan ini,” ucap Ani.

Selanjutnya, Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Program Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) dimulai pada hari ini (24 januari 2023) sampai dengan tanggal 3 Maret 2023 mendatang.

“Jadi, kegiatan ini ada 3 tahapan, yang pertama penyerahan, kedatangan saya di sini untuk menyerahkan 3 (tiga) Mahasiswa. Kemudian, yang kedua kegiatan monitoring dipertengahan PPL 20 hari setelah penyerahan. dan kegiatan yang ketiga yaitu penarikan Mahasiswa PPL pada tanggal 3 Maret 2023 mendatang,” ungkap Ani.

Ani menambahkan, untuk tahun ini di Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) ada 71 Mahasiswa yang terdiri dari 3 Program Studi yaitu Program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI), dan Program studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA).

“Untuk mahasiswa yang melaksanakan PPL di kantor Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Metro ini ada 3 Mahasiswa,” ujarnya.

Ia berharap, Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat menimba ilmu sebanyak – banyaknya terkait apa yang telah di pelajari di lapangan selama kegiatan ini di laksanakan dan juga bisa di aplikasikan ketika sudah terjun di masyarakat

Sementara itu, Verry Sudarto sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Wartawan Professional Indonesia (AWPI) Kota Metro mengatakan bahwa, pihaknya mendapat amanah dari IAIN Metro khususnya program studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI).

“Kami mendapat amanah dari Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) FUAD IAIN Metro untuk memberikan bimbingan bagi Mahasiswa PPL terkait dengan Ilmu Jurnalistik di DPC AWPI Metro,” ujar Verry.

Selanjutnya, untuk tahapan praktiknya mungkin nanti di minggu pertama akan kami berikan pemahaman terkait bagaimana sih menjadi seorang Wartawan dan harus tau apa saja rambu – rambunya (Kode Etik Jurnalistik).

“Kami akan memberikan proyeksi kegiatan liputan bagi Mahasiswa PPL di AWPI Metro seperti liputan Ekonomi, Pemerintahan, Hukum dan lain sebagainya ,” ungkap Verry

Verry Sudarto Ketua DPC AWPI Metro mengucapkan terima kasih yang telah di percaya untuk menjadi tempat Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) IAIN Metro Lampung.

“Dengan kepercayaan yang telah di berikan ke AWPI Metro. Kami akan sebaik-baiknya membimbing dan melatih Mahasiswa yang melakukan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) IAIN Metro di organisasi AWPI Metro,” tutur Very.

Ia berharap, Kegiatan PPL yang di laksanakan di AWPI METRO dapat melahirkan output yang dimana ketika Mahasiswa nanti akan menjadi seorang jurnalis dapat benar- benar-memahami etika maupun Kode Etik Jurnalistik yang berlaku.

“Semoga Mahasiswa yang PPL di organisasi kewartawanan AWPI Metro untuk kedepannya dapat menciptakan seorang jurnalis yang profesional dalam melakukan kegiatan Jurnalistik,” pungkasnya. (Des/Kontributor IAIN Metro).

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *